October 17, 2021
Kebudayaan batik di indonesia

Kebudayaan Asli Batik di Indonesia

Kebudayaan Batik adalah kebudayaan yang asal nya dari negara indonesia khusus nya di darah jawa, batik adalah salah satu contoh kerajinan yang nilai seni nya sangat tinggi, yang di wariskan oleh nenek moyang kita dari bangsa indonesia sejak dulu. kerjaan majapahit dan kerajaan sesudah nya mempengaruhi perkembangan budaya batik. Pada saat kerajaan Solo, kerajaan Mataram, dan juga kerajaan Yogyakarta perkembangan batik banyak berkembang.

Dahulu kala kebudayaan batik adalah tradisi keturunan yang turun menurun, dan pada dahulu motif batik dapat di ketahui dari batik pada keluarga tertentu. Dari motif batik kita bisa mengetahui sifat atau pun status seseorang, dan sampai kini beberapa motif batik tradisional yang ada masih hanya di pakai oleh keluarga keraton dari Yogyakarta dan Surakarta.

Corak dan jenis pada batik tradisional sangat banyak, tetapi corak, jenis, dan juga variasi sesuai dengan budaya dan filosofi  dari daerah masing masing yang sangat beragam. Kebudayaan dari bangsa indonesia ini yang sudah kaya mendorong lahir nya banyak corak corak dan juga jenis batik tradisional dengan ciri khusus nya masing masing.

Wanita wanita yang berada di pulau jawa di masa lalu membuat keterampilan batik sebagai mata pencarian, sehingga membuat batik lalu menjual nya menjadi pekerjaan yang eksklusif bagi wanita.

Semenjak globalisasi dan juga industrialisasi, yang mengenal kan pembuatan batik dengan teknik otomatis, jenis batik baru muncul yang di sebut sebagai batik cetak dan juga batik cap, dan ada juga batik yang di sebut degan batik tulis yang merupakan, batik tradisional yang di buat dengan tulisan tangan langsung menggunakan canting dan malam.

Berikut teknik batik cap dan batik tulis

Batik cap merupakan batik yang di buat dari kain yang di hias dengan corak dan dengan tekstur batik yang di buat atau di bentuk dengan cara di cap yang biasa nya berasal dari tembaga. Proses pembuatan batik cap membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari.

Batik tulis merupakan batik yang di buat dari kain yang di hias dengan corak dan dengan tekstur batik yang di buat dengan menggunakan tangan. Proses pembuatan batik tulis membutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan.