October 17, 2021
Setiap Orang Memiliki Cara Mengimplementasikan Amarah Berbeda-Beda

Cara Mengendalikan Emosi

Bagi kebanyakan besar manusia, emosi adalah musuh besar dari mereka, karena saat seseorang mengalami emosi, maka dia akan sulit di kendalikan

Taukah kamu bahwa emosi dapat mengalami dampak buruk, salah satunya adalah pengambilan keputusan, dan berdampak pada mental, selain itu juga berdampak pada orang yang ada di sekitar kita.

Namun ada beberapa cara yang dapat di lakukan saat kamu sedang emosi.

Ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengontrol emosi.

1. Berfikir untuk mengendalikan bukan memendam
taukah kamu bahwa cara terbaik untuk mengontrol emosi adalah dengan mengendalikannya dan bukan meredamkannya. karena saat emosi di redamkan dengan paksa, kita menjadi membataskan diri untuk tidak belajar dari pengalaman dan menunjukkan perasaan yang sedang kita rasakan.

Namun kalau terus dilakukan, ini bisa memberikan dampak tidak bagus untuk kesehatan mental maupun fisik kita, ada beberapa dampak yang akan kamu dapatkan saat kamu meredamkan emosi dengan cara paksa, salah satunya adalah: kamu akan depresi, susah untuk tidur dan mendapatkan rasa gelisah pada diri kita

2. Dengan menerima keadaan yang terjadi
ketika kita iklas dan bisa menerima keadaan maka hal ini bisa membantu kita untuk mengendalikan emosi kita, cobalah berfikiran yang positif bahwa ini bukan sesuatu yang besar, cara ini membantu agar saat emosi kita tidak bereaksi yang berlebihan.

3. Tau kapan harus mengeluarkan emosi
sebagian besar meluapkan emosi dengan cara menangis, atau makan yang banyak, ada juga dengan berteriak, karena cara-cara tersebut dinyatakan dapat mengendalikan

Tapi kamu juga harus memperhatikan keadaan yang ada di sekitar kamu saat ingin meluapkan emosi, karena hal ini juga mengajarkan kita untuk tau kapan dan dimana waktu yang tepat untuk kita meluapkan emosi.

4. Cari ruang untuk menyendiri
kamu bisa menenagkan diri dengan cara menyendiri dan meredahkan emosi, cara ini membantu agar kamu tidak salah dalam mengambil sebuah keputusan. namun hal ini tidak dapat sepenuhnya membantu dalam meredahkan emosi, tapi dengan cara ini kamu bisa mengalihkan emosi kamu untuk sementara, sampai semuanya membaik.

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat sedang menyendiri, salah satunya adalah, kamu bisa berjalan-jalan santai, menonton dan shopping, seperti metiem pada umunya, karena dengan cara ini, kamu dapat mengalihkan emosi mu.

5. Mengatur pernafasan
Kamu dapat melakukan cara mudah ini, yaitu dengan cara mengambil nafas dalam-dalam, cara ini memang tidak membantu sepenuhnya untuk meredahkan emosi kamu, tapi cara ini bisa membantu untuk membuat kamu meresa sedikit lebih tenang,dan memikirkan kesalahan kamu, dan agak bisa berfikir sedikit lebih jeli.

Inilah beberapa cara yang dapat kamu coba saat kamu sedang dalam keadaan emosi atau marah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat guys.