September 23, 2021
Mitos-Mitos Zaman Dulu Yang Digunakan Untuk Menakuti Anak-Anak

Mitos-Mitos Zaman Dulu Yang Digunakan Untuk Menakuti Anak-Anak

Banyak sekali nasehat-nasehat orang tua zaman dulu dan larangan-larangan. Dan banyak juga pernyataan yang ternyata adalah mitos, dan sampai sekarang masih banyak yang percaya. Dan mungkin banyak dari kalian juga mungkin sering mendengarnya. Dan pernyataan-pernyataan ini di katakan karena untuk menakuti anak-anak zaman dulu. Ini adalah cara orang tua dulu untuk mendidik anak. Salah satu cara yang bisa dibilang ampuh. Jadi mereka akan memberikan pernyataan yang menakutkan sehingga anak-anak tidak akan melakukannya.

Jangan Gunting Kuku Di Malam Hari

Nah ini salah satu yang banyak sekali di bilang oleh orang tua zaman dulu dan mungkin sampai sekarang masih ada juga yang menggunakannya untuk mendidik anak. Menjadi cara turun temurun. Dan mereka biasa mengatakan jangan gunting kuku di malam hari, nanti akan kena sial. Sebenarnya ini dimaksudkan karena dulu penerangan masih sangat minim. Sehingga kalau malam, akan sangat gelap, atau remang, karena kurangnya alat penerangan. Jadi jika kalian tetap memaksakan gunting kuku di malam hari, ditakutkan nanti anda bisa salah menggunting kuku dan bisa luka berdarah.

Jangan Duduk Di Depan Pintu Nanti Susah Jodoh

Ungkapan ini juga banyak dikatakan karena kalau kalian duduk di depan pintu nanti menghalangi orang yang akan lalu lalang di situ. Dan itu sangat mengganggu. Jadi orang zaman dulu membuat mitos seperti ini untuk menakuti anak-anak. Sehingga tidak ada yang duduk di depan pintu. Agar tidak menjalani jalan.

Jangan Main Petak Umpet Di Malam Hari Nanti Diculik Hantu

Nah ini juga salah satu yang banyak dikatakan orang zaman dulu untuk menakuti anak-anak. Dan ini pun sampai sekarang kadang masih sering terdengar ungkapan ini. Ungkapan ini dikatakan sebernarnya untuk melarang anak-anak main petak umpet di malam hari karena kalau malam hari, itu gelap, jadi berbahaya. Takut dicuri tapi bukan oleh hantu, tapi oleh penculik anak, atau penjahat. Karena malam suasana gelap, dan lebih sepi, sehingga jika terjadi apa-apa sulit mencari pertolongan. Karena malam hari orang-orang lebih banyak beraktivitas di dalam rumah.