December 4, 2021
Kenapa Lirik Lagu Lebih Mudah Diingat Daripada Rumus Atau Pelajaran

Kenapa Lirik Lagu Lebih Mudah Diingat Daripada Rumus Atau Pelajaran

Akan menjadi banyak pertanyaan, kenapa lirik lagu mudah diingat oleh orang daripada sebuah teori pelajaran, rumus, dan sebagainya. Sehingga di sekolah pasti anda pernah mendengar guru mengatakan, kalau lirik lagu cepat di hafal, tapi rumus atau pelajaran sulit sekali di hafal. Dan setelah dipikir-pikir kembali ternyata ada benarnya juga. Tapi ada juga orang yang sulit menghafalkan lirik. Walaupun itu persenannya sedikit sekali dari jumlah manusia yang ada.

Kenapa Lirik Lagu Lebih Mudah Diingat Daripada Rumus Atau Pelajaran

Dan pada akhirnya akan menjadi pertanyaan juga bagi diri kita kenapa ya kita lebih mudah menghafal sebuah lirik lagu dibanding rumus atau materi pelajaran sekolah. Jawabannya sangat simpel. Karena kita menyukainnya. Ketika ada rumus atau materi pelajaran yang rasanya sulit sekali untuk dihafal. Itu biasanya karena kita tidak menyukai itu, tidak menyukai pelajaran itu, tidak suka dengan materi pembelajaran itu. Sehingga sulit untuk kita menghafalkannya atau menerimanya.

Karena saat kita tidak menyukainya kita akan berpikir untuk menghafalnya, jika itu panjang dan rumit, maka akan sulit diingat. Kita melupakan dengan pikiran, mengerti dan memahami. Karena saat kita tidak menyukai sesuatu, kita akan enggan dan tidak mau mengerti, atau memahami. Jadi akan menyulitkan anda untuk mengingat. Tapi jika anda menyukainya, anda memahaminya, maka akan mudah untuk anda mengingatnya. Atau ada sesuatu dari rumus atau materi tersebut yang memiliki kosakata yang jarang atau ada yang berkesan, itu akan membuatnya lebih mudah diingat.

Begitu pula lirik lagu. Lirik lagu kita akan hafal, karena kita memahami isi dari lagu tersebut, apa maksud lagu tersebut. Apalagi jika memiliki nada yang enak di dengar. Maka akan lebih mudah untuk kita mengingatnya. Karena jika kita tidak menyukai suatu lagu pun, kita tidak akan mencoba memahami liriknya. Dan saat kita tidak memahami liriknya, kita juga susah akan mengingatnya. hanya mengingat nada nya saja. Tapi jika lagunya enak di dengar, maka kita akan mencoba memahami lirik dan makna dari lagu tersebut sehingga, kita akan mulai belajar mengingatnya.