22/04/2024

Ciri-ciri Asma pada Bayi yang Harus Orangtua Ketahui

Mengenali gejala asma pada bayi bisa menjadi tantangan, karena mereka tidak dapat mengungkapkan keluhannya dengan jelas. Namun, ada beberapa ciri-ciri yang dapat menjadi petunjuk bahwa bayi Anda mungkin mengalami asma. Penting untuk diingat bahwa hanya dokter yang dapat mendiagnosis asma secara akurat. Berikut adalah beberapa ciri-ciri asma pada bayi yang harus diketahui oleh orangtua:

1. Batuk Persisten: Bayi dengan asma cenderung mengalami batuk yang persisten. Batuk bisa terjadi di pagi hari, saat beraktivitas fisik, atau terjadi di malam hari. Batuk dapat berlangsung lama atau terjadi secara berkala selama beberapa minggu atau bulan.

2. Sesak Napas: Bayi yang mengalami asma mungkin tampak mengalami kesulitan bernapas atau sesak napas. Mereka mungkin terlihat bernapas dengan cepat, menggunakan otot-otot bantu pernapasan tambahan seperti otot diantara tulang rusuk, atau terengah-engah saat makan atau bermain.

3. Wheezing (Bunyi Mengi): Wheezing adalah suara bernapas yang tinggi dan berulang yang terjadi saat udara melewati saluran pernapasan yang menyempit. Jika bayi Anda mengalami wheezing secara teratur, itu bisa menjadi tanda adanya peradangan dan penyempitan saluran napas yang terkait dengan asma.

4. Infeksi Saluran Pernapasan yang Berulang: Bayi dengan asma mungkin mengalami infeksi saluran pernapasan yang berulang, seperti pilek atau bronkitis. Infeksi ini dapat memicu gejala asma yang lebih parah.

5. Kesulitan Makan: Bayi dengan asma seringkali mengalami kesulitan makan karena sesak napas atau batuk yang mengganggu. Mereka mungkin tidak dapat menyusui dengan baik atau kehilangan nafsu makan.

6. Kurangnya Energi: Bayi dengan asma mungkin tampak lebih lelah atau lesu daripada bayi lainnya. Kesulitan bernapas dan kurang tidur yang disebabkan oleh gejala asma dapat mengurangi energi mereka.

7. Kelelahan Saat Bermain: Bayi dengan asma mungkin cepat kelelahan saat bermain atau beraktivitas fisik. Mereka mungkin membutuhkan istirahat lebih sering daripada bayi lainnya.

8. Riwayat Keluarga: Jika ada anggota keluarga dengan riwayat asma atau alergi, bayi Anda berisiko lebih tinggi mengembangkan asma. Riwayat keluarga dapat memberikan petunjuk penting tentang kemungkinan adanya asma pada bayi Anda.

Jika Anda mencurigai bahwa bayi Anda mungkin mengalami asma, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, mengevaluasi riwayat medis bayi, dan mungkin merujuk ke spesialis paru-paru anak untuk diagnosis yang lebih akurat dan perawatan yang tepat.