19/07/2024

Gejala Umum Diabetes yang Bisa Dikenali Sejak Dini

Gejala diabetes dapat bervariasi antara setiap individu dan tergantung pada jenis diabetes serta tingkat keparahan penyakitnya. Namun, ada beberapa gejala umum diabetes yang bisa dikenali sejak dini. Mengetahui dan mengenali gejala-gejala ini dapat membantu seseorang untuk segera mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa gejala umum diabetes yang perlu diperhatikan:

  1. Peningkatan Rasa Haus dan Sering Kencing: Salah satu gejala paling umum dari diabetes adalah peningkatan rasa haus dan frekuensi buang air kecil. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan peningkatan produksi urin oleh ginjal, yang menyebabkan seseorang merasa haus secara konstan dan seringkali harus sering buang air kecil, terutama pada malam hari.
  2. Penurunan Berat Badan yang Tidak Disengaja: Meskipun terlihat paradoks, penurunan berat badan yang tidak disengaja dapat menjadi tanda diabetes, terutama pada diabetes tipe 1. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan tubuh kehilangan energi dalam bentuk urin, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan meskipun pola makan tetap sama.
  3. Kelelahan dan Kekurangan Energi: Kadar glukosa darah yang tinggi atau resistensi insulin dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Akibatnya, seseorang dengan diabetes dapat merasa lelah dan kelelahan secara konstan, bahkan setelah istirahat yang cukup.
  4. Peningkatan Rasa Lapar: Meskipun kadar glukosa darah tinggi dapat menyebabkan peningkatan rasa haus, sebaliknya, kadar glukosa yang tidak mencukupi untuk masuk ke dalam sel-sel tubuh dapat membuat seseorang merasa lapar terus-menerus, meskipun sudah makan.
  5. Penglihatan Kabur: Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan pembengkakan lensa mata, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur atau buram. Gejala ini sering kali bersifat sementara dan dapat membaik setelah pengelolaan kadar glukosa darah.
  6. Luka yang Sulit Sembuh: Kadar glukosa darah yang tinggi dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka dan infeksi. Penderita diabetes mungkin mengalami luka atau borok yang sulit sembuh, terutama pada kaki atau kaki.
  7. Infeksi Kulit dan Infeksi Jamur: Infeksi jamur pada kulit, terutama di area lipatan kulit atau di sekitar area genital, adalah gejala umum diabetes. Kadar glukosa darah yang tinggi menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur, yang dapat menyebabkan infeksi kulit yang berulang.
  8. Sensasi Kesemutan atau Mati Rasa: Neuropati diabetik adalah komplikasi umum dari diabetes yang dapat menyebabkan sensasi kesemutan, mati rasa, atau rasa terbakar pada kaki, tangan, atau ekstremitas lainnya. Ini terjadi karena kerusakan pada saraf-saraf perifer akibat kadar glukosa darah yang tinggi.
  9. Gigi dan Gusi yang Lemah: Orang dengan diabetes lebih rentan terhadap penyakit gusi karena kadar glukosa darah yang tinggi menyediakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Gejala penyakit gusi meliputi gusi merah, bengkak, berdarah, dan gigi yang longgar.