18/06/2024

Amankah Memberikan Kalung Teether kepada Bayi?

Memberikan kalung teether kepada bayi menjadi topik yang kontroversial di kalangan para orang tua. Beberapa orang berpendapat bahwa kalung teether memberikan manfaat bagi kenyamanan dan perkembangan gusi bayi, sementara yang lain khawatir akan potensi risiko yang terkait dengan penggunaannya. Dalam menjawab pertanyaan ini, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor seperti keselamatan, perkembangan bayi, dan saran dari ahli kesehatan.

Kalung teether adalah aksesori yang dirancang khusus untuk meredakan ketidaknyamanan saat bayi tumbuh gigi. Mereka biasanya terbuat dari bahan yang lembut dan fleksibel yang aman untuk dikunyah oleh bayi. Kalung teether tersedia dalam berbagai bentuk dan tekstur yang menarik bagi bayi, sehingga mereka dapat menggigit dan mengunyahnya untuk mengurangi rasa gatal di gusi.

Salah satu manfaat utama memberikan kalung teether kepada bayi adalah mengurangi ketidaknyamanan saat tumbuh gigi. Proses tumbuh gigi bisa sangat menyakitkan bagi bayi, dan mengunyah teether dapat memberikan bantuan sementara dengan meredakan tekanan pada gusi. Selain itu, teether juga dapat membantu memperkuat otot-otot rahang bayi dan mengembangkan koordinasi mata-tangan saat mereka mencoba meraih, memegang, dan menggerakkan kalung tersebut.

Namun, penting untuk memilih kalung teether dengan hati-hati dan memperhatikan keselamatan bayi. Berikut beberapa tips yang perlu dipertimbangkan:

1. Pilihlah kalung teether yang terbuat dari bahan yang aman dan bebas dari BPA atau bahan berbahaya lainnya. Pastikan kalung tersebut memenuhi standar keamanan yang relevan.

2. Pastikan kalung teether tidak terlalu kecil sehingga bisa terjebak atau ditelan oleh bayi. Perhatikan ukuran, bentuk, dan tekstur teether yang sesuai dengan tahap perkembangan bayi.

3. Selalu pantau bayi saat mereka menggunakan kalung teether dan pastikan mereka tidak mengunyah atau menarik kalung tersebut terlalu keras yang bisa menyebabkan leher terlilit atau cidera lainnya.

4. Jangan biarkan bayi menggunakan kalung teether saat mereka tidur atau tanpa pengawasan yang tepat.

Meskipun kalung teether dapat memberikan manfaat, penting untuk mempertimbangkan pandangan dari para ahli kesehatan. Beberapa ahli mungkin menyarankan alternatif seperti memberikan benda dingin atau memberikan teether khusus yang bisa ditempel pada baju bayi. Ada juga ahli yang lebih skeptis terhadap penggunaan kalung teether dan menganggapnya sebagai risiko potensial.