18/06/2024

Fakta Menarik tentang Pusar alias “Udel” Manusia

Pusar atau “udel” manusia adalah sisa bekas hubungan fisik antara ibu dan janin selama masa kehamilan. Pusar terbentuk saat tali pusar yang menghubungkan bayi dengan plasenta dipotong setelah lahir. Meskipun terlihat sebagai struktur kecil yang sederhana, pusar sebenarnya memiliki beberapa fakta menarik yang bisa menjadi perbincangan menarik. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang pusar manusia:

### 1. **Sisa Penyembuhan Tubuh:**
Pusar sebenarnya adalah bekas luka sembuh yang terjadi setelah tali pusar dipotong. Ini adalah contoh unik dari kemampuan tubuh manusia untuk menyembuhkan diri sendiri.

### 2. **Unik dan Individu:**
Setiap pusar memiliki karakteristik unik, mirip dengan sidik jari. Tidak ada dua pusar yang sepenuhnya identik.

### 3. **Pusar Tidak Memiliki Tulang:**
Pusar tidak mengandung tulang. Ini terdiri dari jaringan ikat, serat, dan beberapa otot halus yang membantu memberikan bentuknya.

### 4. **Fungsi Pembawa Nutrisi:**
Saat bayi masih dalam kandungan, tali pusar berfungsi sebagai pembawa nutrisi dan oksigen dari plasenta ke janin. Ini merupakan saluran vital yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

### 5. **Bisa Menjadi Tempat Bakteri:**
Karena pusar adalah area lembap, ini dapat menjadi tempat bagi bakteri untuk tumbuh. Oleh karena itu, menjaga kebersihan pusar, terutama pada bayi baru lahir, sangat penting.

### 6. **Bebas Nyeri:**
Pusar sebenarnya tidak memiliki saraf, sehingga pemotongan tali pusar tidak menyebabkan rasa sakit pada bayi baru lahir.

### 7. **Zona Sensitif:**
Bagi sebagian orang, pusar dapat menjadi zona sensitif yang dapat merangsang respons fisik atau emosional tertentu saat disentuh atau dipegang.

### 8. **Mungkin Mengandung Sisa-sisa Lanugo:**
Pada beberapa kasus, pusar bisa mengandung sisa-sisa rambut halus yang disebut lanugo, yang tumbuh di tubuh janin dalam kandungan.

### 9. **Bentuknya Bisa Berubah Seiring Waktu:**
Pusar bayi baru lahir mungkin tampak berbeda dari pusar yang dimiliki oleh orang dewasa. Seiring bertambahnya usia, pusar dapat berubah bentuk.

### 10. **Pusat Perhatian dalam Seni dan Mode:**
Beberapa desainer mode dan seniman menggunakan pusar sebagai inspirasi untuk karya mereka. Pusat perhatian ini kadang-kadang diubah menjadi perhiasan atau bahkan diintegrasikan ke dalam karya seni tubuh seperti tato.

Meskipun pusar sering dianggap sebagai detil kecil dalam anatomi manusia, fakta-fakta menarik ini menggambarkan kerumitan dan uniknya struktur ini.