21/05/2024

Inilah Manfaat Buah Nangka yang Perlu Diketahui

Buah nangka adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara dan sering dianggap sebagai buah tropis. Buah ini memiliki daging buah yang tebal, berwarna kuning atau jingga, dan memiliki rasa manis. Buah nangka sering digunakan dalam masakan sebagai bahan pelengkap atau sebagai bahan dasar makanan seperti gulai atau dodol. Selain sebagai makanan, buah nangka juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang perlu diketahui. Berikut adalah beberapa manfaat buah nangka:

Mengandung banyak nutrisi penting
Buah nangka kaya akan berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, serat, dan antioksidan. Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin B6 penting untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf, kalium dapat membantu menjaga tekanan darah, serat dapat membantu meningkatkan pencernaan, dan antioksidan dapat membantu melawan kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Menjaga kesehatan pencernaan
Buah nangka mengandung serat yang cukup tinggi dan dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu memperlancar sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Meningkatkan kesehatan kulit
Buah nangka kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Antioksidan juga dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

Menjaga kesehatan jantung
Buah nangka juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung. Kalium dapat membantu mengurangi risiko hipertensi dan penyakit jantung koroner.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah nangka mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan produksi sel-sel darah putih dalam tubuh.

Menjaga kesehatan mata
Buah nangka mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dapat membantu mencegah kebutaan malam dan menjaga kesehatan retina.

Menurunkan risiko kanker
Buah nangka mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan dapat membantu mengurangi risiko kanker dan memperbaiki kerusakan sel-sel yang terjadi pada tubuh.

Menjaga kesehatan tulang
Buah nangka mengandung kalsium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.