21/05/2024

Mengapa gangguan pendengaran pada lansia rentan terjadi?

Gangguan pendengaran pada lansia rentan terjadi karena sejumlah faktor yang berkaitan dengan proses penuaan serta paparan lingkungan dan gaya hidup selama bertahun-tahun. Beberapa alasan utama mengapa gangguan pendengaran lebih sering terjadi pada lansia adalah sebagai berikut:

1. Penuaan Alami (Presbycusis):

  • Presbycusis adalah penurunan pendengaran yang berkaitan dengan penuaan alami. Proses penuaan menyebabkan berkurangnya jumlah sel-sel rambut dalam telinga bagian dalam yang bertanggung jawab untuk merasakan suara. Akibatnya, kemampuan telinga untuk mendeteksi suara dan berbagai frekuensi menjadi berkurang.

2. Kerusakan Akibat Paparan Lingkungan dan Gaya Hidup:

  • Seiring bertambahnya usia, lansia cenderung telah terpapar lingkungan yang berisik selama bertahun-tahun, seperti kebisingan di tempat kerja, konser, atau aktivitas rekreasi. Paparan kebisingan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut di telinga dalam dan menyebabkan gangguan pendengaran.
  • Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko gangguan pendengaran pada lansia.

3. Kondisi Kesehatan yang Komorbid:

  • Lansia cenderung memiliki lebih banyak kondisi kesehatan yang mendasari, seperti diabetes, hipertensi, atau penyakit jantung. Beberapa kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau memperburuk kondisi yang sudah ada.

4. Penggunaan Obat-obatan:

  • Lansia sering kali mengonsumsi berbagai jenis obat untuk mengelola kondisi kesehatan mereka. Beberapa obat-obatan, terutama obat-obatan ototoksik seperti antibiotik aminoglikosida, diuretik, atau obat kemoterapi, dapat menyebabkan kerusakan pada telinga dan menyebabkan gangguan pendengaran.

5. Faktor Genetik:

  • Beberapa gangguan pendengaran pada lansia dapat memiliki komponen genetik atau diturunkan secara genetik. Riwayat keluarga dengan gangguan pendengaran juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kondisi serupa di kemudian hari.

6. Perawatan Telinga yang Tidak Tepat:

  • Penggunaan benda tajam atau benda asing untuk membersihkan telinga dapat menyebabkan iritasi, luka, atau sumbatan yang dapat memengaruhi pendengaran. Lansia mungkin lebih rentan terhadap kesalahan perawatan telinga karena penurunan kemampuan fisik dan sensorik mereka.

Mengingat kompleksitas faktor-faktor yang memengaruhi gangguan pendengaran pada lansia, penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, termasuk menjaga kesehatan telinga secara umum, menghindari paparan kebisingan yang berlebihan, mengelola kondisi kesehatan secara teratur, dan berkonsultasi dengan dokter secara rutin untuk pemeriksaan pendengaran yang berkala.