22/04/2024

Mengenal Istilah Emotional Numbness atau Mati Rasa Emosional

Emotional numbness atau mati rasa emosional adalah kondisi di mana seseorang kehilangan kemampuan untuk merasakan emosi yang seharusnya dialami dalam situasi tertentu. Seseorang yang mengalami kondisi ini mungkin merasa kosong atau hampa, tidak mampu merasakan kebahagiaan, kesedihan, atau rasa emosi lainnya. Kondisi ini seringkali terkait dengan masalah mental, seperti depresi, kecemasan, atau PTSD.

Mati rasa emosional dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang, termasuk hubungan interpersonal, pekerjaan, dan kesehatan mental secara umum. Beberapa gejala yang mungkin muncul pada seseorang yang mengalami mati rasa emosional antara lain:

Kehilangan minat pada aktivitas yang sebelumnya menyenangkan.

Tidak mampu merasakan kebahagiaan atau kegembiraan.

Tidak mampu merasakan sedih atau kesedihan.

Kesulitan untuk merasakan empati atau bersikap simpatik pada orang lain.

Tidak mampu mengontrol emosi yang berlebihan atau tidak sesuai.

Merasa terisolasi atau merasa sulit untuk terhubung dengan orang lain.

Mati rasa emosional dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti trauma masa lalu, kecemasan berlebih, depresi, stres, atau penggunaan obat-obatan tertentu. Kondisi ini dapat memengaruhi siapa saja, namun lebih umum terjadi pada orang yang mengalami trauma atau peristiwa hidup yang sulit, seperti kehilangan orang yang dicintai atau kecelakaan yang mengakibatkan cedera fisik atau emosional.

Untuk mengatasi mati rasa emosional, seseorang perlu mencari bantuan profesional dari ahli kesehatan mental, seperti psikolog atau psikiater. Terapi kognitif dan perilaku, terapi keluarga, dan obat-obatan tertentu dapat membantu mengatasi kondisi ini. Selain itu, menjaga kesehatan mental dengan berolahraga, tidur yang cukup, dan menerapkan teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga juga dapat membantu mengurangi gejala mati rasa emosional.

Seseorang yang mengalami mati rasa emosional perlu diingatkan bahwa perjalanan menuju pemulihan tidak selalu mudah atau cepat. Namun, dengan dukungan dan bantuan dari keluarga, teman, dan profesional kesehatan mental, seseorang dapat memulihkan kemampuan untuk merasakan emosi dan memperbaiki kualitas hidupnya secara keseluruhan.