18/07/2024

Bahaya yang ditimbulkan bila ibu hamil makan tape

Mengonsumsi tape selama kehamilan dapat menimbulkan beberapa risiko kesehatan bagi ibu dan janin. Tape, atau tapai, adalah makanan fermentasi yang terbuat dari singkong atau beras ketan yang telah difermentasi dengan ragi. Meskipun tape mengandung probiotik yang bermanfaat untuk pencernaan, ada beberapa bahaya potensial yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Berikut adalah beberapa risiko yang terkait dengan konsumsi tape selama kehamilan:

1. Kandungan Alkohol

Selama proses fermentasi tape, alkohol diproduksi sebagai hasil sampingan. Meskipun kandungan alkohol dalam tape biasanya rendah, tidak ada batas aman yang jelas untuk konsumsi alkohol selama kehamilan. Alkohol dapat menyeberang plasenta dan mempengaruhi perkembangan janin, yang dapat menyebabkan Sindrom Alkohol Janin (Fetal Alcohol Syndrome). Kondisi ini dapat mengakibatkan kelainan fisik, gangguan perkembangan, dan masalah kognitif pada bayi.

2. Risiko Kontaminasi Bakteri

Tape yang tidak diproduksi atau disimpan dengan benar dapat terkontaminasi oleh bakteri berbahaya seperti Listeria, Salmonella, dan Escherichia coli. Listeria, khususnya, sangat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan listeriosis, infeksi serius yang dapat mengakibatkan keguguran, lahir mati, atau infeksi pada bayi baru lahir. Salmonella dan E. coli juga dapat menyebabkan keracunan makanan, yang dapat mengakibatkan dehidrasi dan komplikasi kesehatan lainnya bagi ibu dan janin.

3. Kandungan Gula Tinggi

Tape mengandung gula alami dari singkong atau ketan serta gula tambahan yang digunakan dalam proses fermentasi. Asupan gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional, kondisi yang dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan seperti preeklampsia, persalinan prematur, dan bayi dengan berat lahir tinggi. Diabetes gestasional juga dapat meningkatkan risiko ibu mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari.

4. Gangguan Pencernaan

Proses fermentasi tape menghasilkan gas yang dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan pencernaan pada beberapa orang. Ibu hamil yang sudah mengalami masalah pencernaan seperti mual dan kembung mungkin merasa kondisi ini memburuk setelah mengonsumsi tape.

5. Reaksi Alergi atau Sensitivitas

Beberapa orang mungkin memiliki alergi atau sensitivitas terhadap komponen dalam tape, seperti ragi atau bahan tambahan yang digunakan dalam proses fermentasi. Reaksi alergi dapat bervariasi dari ringan hingga parah, dan dalam kasus ekstrem, dapat menyebabkan anafilaksis, yang memerlukan perhatian medis segera.