04/02/2023

Peran Orang Tua Sangat Dibutuhkan Ketika Anda Beranjak Remaja

Di usia remaja, itu menjadi usia dimana anak-anak sedang mencari jati diri. Sedang memilah-milah mana yang baik dan tidak. Mana yang benar dan salah. Mana yang perlu dilakukan dan tidak. Masa remaja adalah masa pembentukan karakter seseorang. Dimana mereka mulai mencari tahu apa minat mereka, apa kesukaan dan ketidak sukaan mereka. Usia dimana mereka mulai membentuk karakter mereka. Menjadi seorang yang pendiam atau aktif, pemarah atau penurut, dan lain sebagainya. Untuk itu di masa seperti ini, sangat diperlukan peran orang tua.

Peran Orang Tua Sangat Dibutuhkan Ketika Anda Beranjak Remaja

Kadnag yang menjadi masalah adalah, dimana kurang komunikatifnya antara orang tua dan anak. Dan karena masalah ini, membuat masalah lebih besar lagi di kedepan. Misalnya, karena hubungan atau komunikasi antara orang tua dan anak yang kurang, membuat anak menjadi tidak terbuka kepada orang tua. Sehingga saat dia bingung, dia drop, dia sedang membutuhkan arahan, leader untuk mengarahkannya, dia malah kehilangan itu. Dan malah mencari di luar. Dan syukur kalau mendapatkan orang yang pas. Tapi bagaimana jika dia mendapatkan orang yang salah yang dia jadikan sebagai role modelnya.

Dan ini yang perlu di waspadai. Karena anak remaja itu masih dengan kepolosannya, dia akan lebih mudah percaya akan sesuatu. Apalagi jika itu dikatakan atau diarahkan oleh orang yang lebih tua. Maka di pikirannya itu benar.  Sehingga tidak jarang banyak anak-anak yang jadinya tidak terarah, atau salah jalan. Dan malah terbawa pada lingkungan yang tidak sehat. Dan ini yang berbahaya. Untuk itu diharapkan perhatian dari orang tua secara penuh.

Jangan karena dipikir dia sudah tumbuh remaja dan menuju dewasa sehingga orang tua berpikir, dia harusnya bisa berpikir lebih dewasa, sehingga orang tua langsung memberikan kebebasan penuh kepada anak. Sehingga anak dilepas begitu saja. Dilepas dalam artian, tidak membimbing sama sekali. Malah karena mereka sedang menuju kedewaaan, orang tua harus mengajarkan hal yang baik, sehingga dia pun akan berjalan dan terarah secara baik.