04/02/2023
Varian Omicron Meningkat Pesat Di Tonga, Afrika Di Awal Tahun 2022

Varian Omicron Meningkat Pesat Di Tonga, Afrika Di Awal Tahun 2022

Kasus virus corona terus meningkat pesat di Tonga, dan tes telah mengkonfirmasi bahwa varian omicron yang sangat menular berada di belakang wabah komunitas pertama negara pulau Pasifik yang sejak awal pandemi, kata para pejabat Kamis. Menteri Kesehatan Saia Piukala mengatakan kepada wartawan bahwa lebih banyak orang telah dites positif terkena virus, hampir dua kali lipat kasus aktif Tonga untuk hari kedua berturut-turut menjadi total , portal berita online Matangi Tonga dan media lainnya melaporkan.

Varian Omicron Meningkat Pesat Di Tonga, Afrika Di Awal Tahun 2022

Meskipun mungkin tampak kecil, negara sejauh ini berhasil lolos tanpa infeksi apa pun selain dari satu kasus yang dibawa dari seorang misionaris yang kembali ke Tonga dari Afrika Oktober lalu, yang berhasil diisolasi. Tetapi dengan pengiriman bantuan internasional yang sangat penting setelah letusan gunung berapi bawah laut besar-besaran pada Januari dan tsunami yang diakibatkannya, dua pekerja dermaga di awal minggu lalu untuk COVID-19. Meskipun ada upaya untuk menahan wabah, itu telah menyebar dan sekarang dilaporkan lebih banyak daerah, kata Piukala.

Lima tes yang telah dikirim ke Australia untuk dikonfirmasikan bahwa itu adalah varian virus omicron, katanya. Tiga orang dipastikan tewas dalam ledakan dan tsunami, dan beberapa pemukiman kecil di pulau-pulau terpencil musnah. Lapisan tebal abu vulkanik juga hujan pulau utama dan sebagian besar air minum, dan mungkin merusak tanaman. Satu-satunya serat optik ke pulau itu terputus akibat kabel ledakan, membuat komunikasi menjadi sporadis. Dengan beberapa daerah yang terkunci total, Kementerian Pendidikan telah memulai home schooling dengan guru memberikan pelajaran melalui radio FM.

Palang Merah dan otoritas kesehatan lainnya bahwa Tonga mencoba menangani dampak bencana alam dan wabah virus corona, sistem perawatan kesehatannya yang rentan berisiko menjadi cepat. Pada saat yang sama, isolasi Tonga yang membantu melindunginya dari virus sekarang menjadi kewajiban, lebih sulit untuk memberikan bantuan dari luar. Namun, sebagai tanda harapan, Piukala mengatakan semua kasus terbaru sejauh ini dilaporkan ringan, dan semuanya divaksinasi kecuali anak-anak.